Wednesday, December 7, 2016
DOAKU .
ya Alloh.
mungkin yang ku inginkan tak selalu
yang ku butuhkan..
dan yang ku anggap baik tak selalu jadi
yang terbaik..
karena itu..
ajari aku tuk bisa mengatasi
kekecewaanku..
.
ya Alloh..
aku tahu bersama kesulitan akan ada
kemudahan..
dan bersama masalah yang kau
datangkan..
akan ada pula solusi yang kau
sertakan..
beri aku kesabaran tuk menemukn
solusi dari setiap permasalahan..
.
ya Alloh..
jadikan dunia ini ada dalam
genggamanku..
namun jangan kau semayamkan di
dalam hatiku..
jadikan setiap langkahku menuju jalan
ridhomu..
.
ya Alloh..
jagalah semangatku dan beri aku
kemudahan untuk memperbaiki masa
depanku..
.
aamiin..
CINTA
cinta..
kadang membuat luka..
namun cinta juga yang mampu
mengobatinya..
.
cinta..
kadang membuat hati merana..
namun cinta juga yang membuat
bahagia..
.
cinta..
adalah sebuah rasa..
yang tak pernah terduga kapan datang dan perginya..
yang kan selalu menyatukan hati dan jiwa..
meski jarak dan waktu memisahkan raga..
BETAPA KAU SANGAT BERARTI
jauh sudah ku melangkah ke depan..
menyusuri setiap lorong kehidupan..
melalui liku dan terjalnya jalanan..
namun tak kunjung sampai juga ke
tempat tujuan..
.
terasa ringan langkahku ketika kau
mendampingi..
setiap rintanganpun dapat ku lalui..
namun terkadang ku harus berjalan
sendiri..
saat itulah aku merasa betapa kau
sangat berarti..
SALAH SIAPA..?
hanya Tuhan yang punya kuasa
membolak balikan rasa..
tapi jika aku jatuh cinta..
tak mungkin Itu salah yang kuasa..
jadi ini salah siapa..?
.
mungkin aku yang tak pandai
mengendalikan rasa..
tapi akupun tak menyadarinya
ketika rasa ini ada..
aku mencintainya sementara ku
tahu tak mungkin memilikinya..
jadi ini salah siapa..?
.
berkali sudah kucoba
memadamkannya..
namun aku tak kuasa..
rasa ini justru kian membara..
jadi ini salah siapa..?
.
entah salah siapa..
tak ku temukan jawabnya..
ku susuri saja jalannya..
semoga tak menyesatkan arahnya..
Wednesday, December 23, 2015
Saturday, December 19, 2015
Wednesday, April 22, 2015
Sunday, March 8, 2015
sumur seribu tangga
Masih ingat adegan di fil Dark Knight Rises di mana Bane dan Talia Al-Ghul ditawan? Mereka dipenjara di dasar sebuah sumur gelap dengan puluhan anak tangga memenuhi dindingnya.
Ternyata sumur tua berkesan seram tersebut benar-benar ada, buka hasil rekayasa komputer. Tempat itu tersebut adalah Chand Baori, salah satu sumur berundak tertua dan terbesar di muka bumi.
Chand Baori terletak di desa Abhaneri, wilayah timur Rajasthan, India. Menurut Amusing Planet, sumur ini terdiri dari 13 tingkat. Tiga dari empat permukaan dindingnya dipenuhi tangga ganda. Sejumlah 3.500 anak tangga disusun dengan simetri yang begitu presisi di sumur setinggi 20 meter tersebut.
Chand Baori dulunya merupakan sumber air utama bagi warga Rajput. Sumur ini juga dimanfaatkan warga Abhaneri untuk tempat rekreasi pada musim panas. Pasalnya suhu udara di dekat air sumur memang terasa sejuk sepanjang waktu. Karena itulah bersantai di salah satu anak tangga terdekat dari sumber air dipilih sebagai cara untuk menyejukkan diri bagi warga India zaman dulu.
Ternyata sumur tua berkesan seram tersebut benar-benar ada, buka hasil rekayasa komputer. Tempat itu tersebut adalah Chand Baori, salah satu sumur berundak tertua dan terbesar di muka bumi.
Chand Baori terletak di desa Abhaneri, wilayah timur Rajasthan, India. Menurut Amusing Planet, sumur ini terdiri dari 13 tingkat. Tiga dari empat permukaan dindingnya dipenuhi tangga ganda. Sejumlah 3.500 anak tangga disusun dengan simetri yang begitu presisi di sumur setinggi 20 meter tersebut.
Chand Baori dulunya merupakan sumber air utama bagi warga Rajput. Sumur ini juga dimanfaatkan warga Abhaneri untuk tempat rekreasi pada musim panas. Pasalnya suhu udara di dekat air sumur memang terasa sejuk sepanjang waktu. Karena itulah bersantai di salah satu anak tangga terdekat dari sumber air dipilih sebagai cara untuk menyejukkan diri bagi warga India zaman dulu.
Sekarang sumur ini hanya berfungsi sebagai peninggalan sejarah. Airnya berubah kehijauan karena lumut dan bakteri yang mengendap selama puluhan tahun. Tetapi arsitekturnya yang unik dan megah masih menawan untuk dipandang.
mumun
Tampaknya keindahan bernuansa misterius sumur inilah yang menarik sutradara Christopher Nolan untuk menjadikan Chand Baori sebagai salah satu lokasi dalam filmnya yang bernuansa gothic
Tampaknya keindahan bernuansa misterius sumur inilah yang menarik sutradara Christopher Nolan untuk menjadikan Chand Baori sebagai salah satu lokasi dalam filmnya yang bernuansa gothic
Friday, March 6, 2015
9 Ramalan Legendaris Ki Jayabaya yang terbukti kebenarannya
Dalam perjalanan sejarah
nusantara, nama Kediri tak bisa dipisahkan dari tokoh yang sangat terkenal dan
melegenda, yakni Prabu Jayabaya yang bergelar Sri Maharaja Sri Warmmeswara
Madhusudana Wataranindita Parakrama Digjayottunggadewanama Jayabhayalancana.
Jayabaya adalah tokoh yang melahirkan kitab ramalan yang hingga kini masih dianggap memiliki 'tuah' dan dipercaya masih berlaku, yakni Jangka Jayabaya. Salah satu ramalan Jayabaya yang paling kesohor adalah soal para pemimpin negeri ini. Ramalan Jayabaya menyebut bahwa pemimpin Indonesia yang berarti presiden adalah No-To-No-Go-Ro.
Banyak yang percaya dan meyakini dengan ramalan tersebut. Hal ini karena pemimpin di negeri ini sesuai dengan apa yang ditulis Jayabaya, yakni Notonogoro. Namun selain Notonogoro, Raja Kediri ini juga memiliki beberapa ramalan lainnya. Ramalan itu pun diyakini dan benar-benar terjadi.
Berikut sembilan ramalan Jangka Jayabaya yang sudah terbukti terjadi di Tanah Air:
Jayabaya adalah tokoh yang melahirkan kitab ramalan yang hingga kini masih dianggap memiliki 'tuah' dan dipercaya masih berlaku, yakni Jangka Jayabaya. Salah satu ramalan Jayabaya yang paling kesohor adalah soal para pemimpin negeri ini. Ramalan Jayabaya menyebut bahwa pemimpin Indonesia yang berarti presiden adalah No-To-No-Go-Ro.
Banyak yang percaya dan meyakini dengan ramalan tersebut. Hal ini karena pemimpin di negeri ini sesuai dengan apa yang ditulis Jayabaya, yakni Notonogoro. Namun selain Notonogoro, Raja Kediri ini juga memiliki beberapa ramalan lainnya. Ramalan itu pun diyakini dan benar-benar terjadi.
Berikut sembilan ramalan Jangka Jayabaya yang sudah terbukti terjadi di Tanah Air:
1.Jawa akan
terpecah-pecah
Dalam penelitian yang
dilakukan oleh Prof Arysio Santos, Ph.D dalam bukunya Atlantis The Lost
Continent Finally Found disebutkan atlantis adalah negeri tropis yang berlimpah
mineral dan kekayaan hayati.
Namun segala kemewahan itu lenyap tersapu bencana maha besar yang memisahkan Jawa dari Sumatera, menenggelamkan lebih dari separuh wilayah nusantara. Kejadian itu diperkirakan pada 11.600 tahun yang lalu.
Apa yang diteliti oleh Arysio tersebut menurut ahli sejarah Kediri, Ki Tuwu sebenarnya sudah dijelaskan dalam Kitab Jangka Jayabaya.
"Itu masuk dalam periodesasi zaman besar kedua yang disebut dalam Jangka Jayabaya adalah Zaman Kalijaga artinya zaman tumbuhan. Di Jawa yang saat itu masih menyatu dengan pulau-pulau lain mengalami perubahan, yakni terpecah menjadi pulau-pulau kecil," kata Ki Tuwu
Namun segala kemewahan itu lenyap tersapu bencana maha besar yang memisahkan Jawa dari Sumatera, menenggelamkan lebih dari separuh wilayah nusantara. Kejadian itu diperkirakan pada 11.600 tahun yang lalu.
Apa yang diteliti oleh Arysio tersebut menurut ahli sejarah Kediri, Ki Tuwu sebenarnya sudah dijelaskan dalam Kitab Jangka Jayabaya.
"Itu masuk dalam periodesasi zaman besar kedua yang disebut dalam Jangka Jayabaya adalah Zaman Kalijaga artinya zaman tumbuhan. Di Jawa yang saat itu masih menyatu dengan pulau-pulau lain mengalami perubahan, yakni terpecah menjadi pulau-pulau kecil," kata Ki Tuwu
2.Marak seks bebas
Raja Jayabaya juga banyak memberikan perlambang dan sindiran yang
bisa dibuktikan hingga sekarang, contohnya fenomena seks bebas yang hingga kini
masih sering terjadi di masyarakat. Menurut paranormal asal Kediri, Jawa Timur,
Ki Tuwu, kemahiran Prabu Jayabaya ini dia dapatkan dari Syaikh Syamsuddin
Al-Wasil.
Dalam Kitab Jangka Jayabaya pernah diungkapkan bahwa nanti akan banyak kaum
laki-laki dan perempuan yang akan kehilangan rasa hormat sampai rasa malu.
"Ada lagi yang menarik ungkapan dalam Jangka Jayabaya yakni wong wadon
ilang kawirangane wong lanang ilang prawirane. Artinya banyak perempuan hilang
rasa malunya dan banyak laki-laki hilang kehormatannya. Saya tidak mau
mendahului kehendak Allah, namun ini sudah terbukti," kata Ki Tuwu.
Yang terakhir Ki Tuwu menukil dari Jangka Jayabaya yakni akeh udan salah
mangsa, akeh prawan tua, akeh randa nglairake anak, akeh jabang bayi lahir
nggoleki bapake. Artinya banyak hujan turun bukan pada musimnya, banyak perawan
tua yang terlambat menikah karena terlalu memilih-milih pasangan dan juga
mementingkan karier. Banyak janda melahirkan anak (akibat hubungan bebas) dan
banyak yang lahir mencari siapa ayahnya.
"Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua agar tetap eling lan
waspada,"
3.Praktik korupsi di mana-mana
Kitab Jangka Jayabaya memprediksi akan terjadi praktik korupsi di tanah air yang dulu masih
bernama Nusantara. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya pejabat yang haus
akan kekuasaan dan melanggar sumpah-sumpah jabatannya.
Perlambang itu lain adalah, akeh janji ora ditetepi, akeh wong nglanggar
sumpahe dewe (artinya - banyak orang melanggar janji dan sumpah jabatan yang
diartikan untuk para pejabat banyak dilanggar, misalnya hakim berkhianat,
pejabat yang korupsi dan lain sebagainya).
Akeh menungso mung ngutamakke duwit, lali kemenungsan, lali kebecikan lali
sanak lali kadang (Banyak manusia yang hanya mengutamakan uang, lupa
perikemanusiaan, lupa kebaikan dan lupa saudara.
"Silakan dinalar sendiri, kejadian-kejadian yang diramalkan Sang Prabu
Jayabaya terbukti,"
4.Hilangnya pasar pagi
Menurut Ki Tuwu, dalam Kitab Jangka Jayabaya banyak mengeluarkan
sindiran untuk kehidupan di masa depan seperti sekarang. Jayabaya bisa
memprediksi pasar rakyat yang biasanya ramai di pagi hari kini sudah tak bisa
didengar lagi dalam radius 5 km.
Beberapa sindiran tersebut antara lain, Mbesuk yen ana kereta mlaku tanpa
jaran, tanah Jawa kalungan wesi, prahu mlaku ing duwur awang-awang, kali ilang
kedunge pasar ilang kumandange. Iku tanda yen tekane jaman Joyoboyo wis cedak.
"Kalau diterjemahkan - besok kalau sudah ada kereta berjalan tanpa kuda,
tanah Jawa berkalung besi - artinya adanya kereta api, perahu berjalan di atas
angkasa - artinya terciptanya pesawat terbang. Sungai hilang kedungnya artinya
kehilangan sumber air dan ini sudah terbukti, termasuk pasar hilang
kumandangnya, di mana zaman dahulu pasar di pagi hari seperti suara lebah
karena suara pedagang dan pembeli bisa terdengar di radius 5 km,"
5.Munculnya pesawat terbang dan
kereta api
Dalam Kitab Jangka Jayabaya banyak mengeluarkan sindiran untuk
kehidupan di masa depan seperti sekarang. Jayabaya bisa memprediksi akan muncul
pesawat terbang dan kereta api.
Seperti ungkapan Jaya Baya berikut: Mbesuk yen ana kereta mlaku tanpa jaran,
tanah Jawa kalungan wesi, prahu mlaku ing duwur awang-awang, kali ilang kedunge
pasar ilang kumandange. Iku tanda yen tekane jaman Joyoboyo wis cedak.
"Kalau diterjemahkan - besok kalau sudah ada kereta berjalan tanpa kuda,
tanah Jawa berkalung besi - artinya adanya kereta api, perahu berjalan di atas
angkasa - artinya terciptanya pesawat terbang. Sungai hilang kedungnya artinya
kehilangan sumber air dan ini sudah terbukti, termasuk pasar hilang
kumandangnya, di mana zaman dahulu pasar di pagi hari seperti suara lebah
karena suara pedagang dan pembeli bisa terdengar di radius 5 km," kata Ki
Tuwu.
6.Tren orang mencari pesugihan
Selain memprediksi munculnya
teknologi pesawat terbang dan kereta api, dalam Kitab Jangka Jayabaya juga
mengatakan akan maraknya fenomena orang-orang tergila-gila dengan pesugihan
karena malas untuk bekerja mencari uang.
Perlambang tersebut mengatakan - Akeh wong nyambut gawe apik-apik pada krasa
isin, luwih utama ngapusi. Wegah nyambut gawe kepengen kepenak, ngumbar nafsu
angkara murka, nggedekake duraka (Banyak orang yang bekerja baik-baik merasa
malu, lebih utama menipu. Banyak yang malas bekerja tapi pengen kaya (mencari
pesugihan tumbal,red). Banyak orang mengumbar nafsu angkara murka dan
memperbesar perbuatan durhaka).
7.Pulau Jawa sering terjadi banjir
Ramalan ini benar-benar terjadi parah di pulau Jawa hingga kini.
Raja Jayabaya sudah memprediksi sejak dulu bahwa pulau Jawa akan banyak
digenangi banjir. Zaman itu disebut olehnya Zaman Kalatirto.
Zaman Kalatirto atau zaman air, di Jawa sering terjadi banjir karena Sang Hyang Raja Kano yang bertahta di Negara Purwocarito sering menata batu besar untuk membendung kali dan bengawan. Ini dihitung mulai tahun 301-400 tahun surya atau mulai tahun 310-412 tahun candra.
Zaman Kalatirto atau zaman air, di Jawa sering terjadi banjir karena Sang Hyang Raja Kano yang bertahta di Negara Purwocarito sering menata batu besar untuk membendung kali dan bengawan. Ini dihitung mulai tahun 301-400 tahun surya atau mulai tahun 310-412 tahun candra.
Add caption |
8.No-To-No-Go-Ro
Salah satu ramalan Jayabaya yang
paling tersohor adalah soal para pemimpin negeri ini. Ramalan Jayabaya menyebut
bahwa pemimpin Indonesia yang berarti presiden adalah No-To-No-Go-Ro.
Banyak yang percaya dan meyakini dengan ramalan tersebut. Hal ini karena
pemimpin di negeri ini sesuai dengan apa yang ditulis Jayabaya, yakni
Notonogoro. Namun selain Notonogoro, Raja Kediri ini juga memiliki beberapa
ramalan lainnya. Ramalan itu pun diyakini dan benar-benar terjadi.
9.Akan ada kulit kuning lepaskan Indonesia dari kekejaman kulit
putih
Sakari Ono takjub merasakan kesegaran air kelapa yang membasahi
tenggorokannya. Inilah pertama kalinya anggota Batalyon 153 Angkatan Darat
Kekaisaran Jepang itu merasakan air kelapa muda. Ono muda begitu terkesan
dengan keramahan penduduk di Cilacap, Jawa Tengah. Walau tak banyak interaksi
dan terbatas kendala bahasa, Ono merasa disambut baik di Pulau Jawa.
Ono kemudian mengerti masyarakat begitu mempercayai ramalan Jayabaya. Akan ada
orang-orang kate berkulit kuning yang akan melepaskan pendudukan Indonesia dari
kekejaman bangsa kulit putih. Mereka percaya orang kate itulah para Tentara
Jepang.
Selama bertugas di Indonesia, Ono lebih banyak kecewa melihat sikap para
tentara Jepang lain. Apalagi masa 1943 sampai awal 1945 di mana tidak ada
perang di Jawa. Kemudian, Ono melarikan diri dari militer Jepang dan bergabung
dengan tentara Indonesia.
Ono pun mengubah namanya menjadi Shigeru. Sehingga para veteran Jepang
mengenalnya sebagai Rahmat Shigeru Ono. Dia kemudian berjuang bersama para
pemuda. Dia melatih mereka dan memimpin gerilyawan Indonesia berperang melawan
Belanda.
Rahmat Ono adalah tentara Jepang terakhir yang memihak Republik Indonesia.
Samurai terakhir ini tutup usia Senin (25/8) lalu di malang. Di tengah keluarga dan tanah air yang dicintainya.
Saturday, February 28, 2015
Kiat Sukses Bisnis di Internet
Semarak bisnis di dunia maya (cyber
space) dalam berbagai bentuk telah menggejala di tanah air belakangan ini.
Berbagai berita mengenai berdirinya perusahaan-perusahaan “dot.com” menghiasi
hampir seluruh media massa berorientasi bisnis dan teknologi. Terlepas dari
apakah fenomena yang berkembang merupakan trend bisnis di masa depan atau
sekedar latah belaka, adalah fakta bahwa jumlah perusahaan yang menawarkan
produk dan jasanya di dunia maya semakin berkembang secara sangat cepat dan
signifikan. Uniknya, persentasi perusahaan yang dapat dikatakan berhasil dalam
mengembangkan bisnis modern ini teramat sangat kecil dibandingkan dengan jumlah
total pelaku bisnis yang ada. Fenomena bisnis di dunia maya dapat dikatakan
sebagai “easy come, easy go”, dalam arti kata bahwa sangat mudah untuk terjun
ke dalam bentuk bisnis ini, namun dengan besarnya tantangan yang ada, sangat
mudah pula bagi sebuah perusahaan untuk gulung tikar. Ada beberapa hal penting
yang menyebabkan terjadinya hal tersebut (Indrajit, 2000).
Sumber: Eko Indrajit, 2000
http://mu-mun.blogspot.com/Sumber: Eko Indrajit, 2000
Pertama, sangat sulit untuk
mempertahankan keunggulan kompetitif (competitive advantage) di dalam model
bisnis ini. Diferensiasi produk atau pelayanan yang ditawarkan melalui media
internet, dapat dengan mudah ditiru oleh para pesaing dalam tempo yang sangat
cepat, yaitu dalam hitungan hari. Hal ini terjadi karena pada dasarnya bisnis
berbasis internet berangkat dari ide-ide unik yang diimplementasikan secara
teknis. Perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras yang sedemikan cepat
telah mempermudah siapa saja yang berminat untuk mengimplementasikan ide-ide
bajakan tadi secara mudah dan cepat. Ditambah pula belum adanya hukum di
dunia maya (cyber law) yang efektif dan disepakati secara internasional telah
membuat mudahnya para pemain untuk meniru ide-ide kreatif perusahaan lain tanpa
harus takut dituntut dan dihukum.
Kedua, sekali memutuskan untuk
bergabung dengan komunitas digital, maka pada saat itu pula perusahaan harus
siap untuk berkompetisi dengan berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus pemain lama
dan baru dari seluruh dunia yang menawarkan produk atau jasa sejenis. Mengingat
bahwa situs yang ada akan diakses oleh seluruh pelanggan di dunia, maka
perusahaan harus beroperasi penuh selama 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu.
Tidak ada kata istirahat untuk melayani pelanggan dan menawarkan produk-produk
atau jasa-jasa baru, karena sedikit saja kelalaian terjadi, calon pelanggan
akan pindah ke perusahaan lain. Tentu saja strategi bisnis yang tepat harus
diterapkan untuk menunjang model bisnis yang anda tawarkan.
Ketiga, berlakunya konsep pasar
bebas (free market) yang mendekati sistem persaingan sempurna (perfect
competition) menyebabkan sangat mudahnya seorang pelanggan untuk pindah dari
satu perusahaan ke perusahaan yang lain sejauh produk atau jasa yang ditawarkan
lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat (cheaper, better, faster). Tentu saja
situs yang didukung oleh investasi keuangan yang kuat memiliki keunggulan untuk
mempergunakan teknologi yang tercanggih (state-of-the-art technology) dan
merekrut sumber daya manusia yang handal. Dengan kata lain, walaupun pada
mulanya biaya untuk memulai bisnis di internet relatif kecil, namun pada
akhirnya akan sulit bagi sebuah perusahaan untuk dapat bertahan dalam jangka
waktu cukup lama tanpa adanya pelayana yang super cepat & dukungan biaya
besar.
Keempat, untuk dapat sukses
menjalankan model bisnis yang ada, perusahaan harus bekerja dengan berbagai
institusi lain sebagai rekanan (strategic partner). Semangat “collaboration to
compete” harus menjadi dasar dalam bisnis ini mengingat sangat sulit untuk
dapat menjalankan proses usaha tanpa dukungan dari rekanan bisnis seperti
vendor teknologi, content partners, merchants, dan lain-lain. Dengan kata lain,
pemilihan rekanan yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha di
dunia maya.
Kelima, kompetensi sumber daya
manusia merupakan kunci keberhasilan utama membangun perusahaan berbasis
internet. Statistik memperlihatkan bahwa hampir semua situs-situs besar
berhasil menjadi perusahaan sukses berkat tangan dingin manajemen dalam
mengelola sumber daya perusahaan, yang didukung oleh keahlian para staf
operasional. Yang menjadi masalah di sini adalah tingginya rasio perpindahan
(turn over ratio) para praktisi teknologi informasi (programmer, system
analysts, network specialist, dsb.) dari satu perusahaan ke perusahaan lain
dengan alasan yang beragam, mulai dari inisiatif pribadi sampai dengan tawaran
gaji yang lebih tinggi. Dengan kata lain, harus dicari jalan keluar agar
loyalitas manajemen dan staf dapat terbentuk sehingga kemungkinan mereka untuk
“dibajak” perusahaan lain menjadi kecil. Sistem penggajian dan pembagian
keuntungan merupakan kunci penyelesaian tantangan ini.
Kelima hal tersebut di atas
memperlihatkan bahwa bisnis di dunia maya tidak sekedar berarti melakukan
penjualan produk atau jasa melalui media internet, namun lebih dari pada itu.
Dibutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap sejumlah paradigma baru yang
berlaku di arena e-conomy. Kesimpulannya, untuk dapat berhasil menjadi pemain
besar di dunia maya, perusahaan yang bersangkutan harus tampil “all out”, anti
“status quo”, kreatif, dan gesit beradaptasi dengan setiap perubahan. Artinya,
pemain-pemain baru dari generasi mudalah yang menjadi tulang punggung bisnis
ini di Indonesia
Perusahan yang akif dan mau mengerti
akan karyawan & tidak bayak PHP pasti akan
Cepat berkembang ,demikian juga
dengan perusahan yg professional akan menghasilkan orang orang yg professional.
Friday, February 27, 2015
27-2-1942: Kapal Induk Pertama AS Tenggelam di Cilacap
Dari USS Jupiter
Sejarah USS Langley diawali pada 18 Oktober 1911 dengan wujud dan nama berbeda. Saat itu, konstruksi sebuah kapal besar resmi dimulai di Mare Island Naval Shipyard, Vallejo, California. Dihadiri langsung Presiden Amerika saat itu, William H Taft.
Tak sampai setahun, pada 14 Agustus 1912, bahtera itu diluncurkan dengan nama USS Jupiter.
Jupiter bertugas melengkapi armada Korps Marinir AS pada Perang Dunia I. Mengangkut kargo, batubara, kadang membawa pasukan. Tugasnya dinyatakan berakhir pada 24 Maret 1920.
Sejarah USS Langley diawali pada 18 Oktober 1911 dengan wujud dan nama berbeda. Saat itu, konstruksi sebuah kapal besar resmi dimulai di Mare Island Naval Shipyard, Vallejo, California. Dihadiri langsung Presiden Amerika saat itu, William H Taft.
Tak sampai setahun, pada 14 Agustus 1912, bahtera itu diluncurkan dengan nama USS Jupiter.
Jupiter bertugas melengkapi armada Korps Marinir AS pada Perang Dunia I. Mengangkut kargo, batubara, kadang membawa pasukan. Tugasnya dinyatakan berakhir pada 24 Maret 1920.
Lalu sejarah baru dimulai, Jupiter diubah menjadi kapal induk pertama milik Amerika Serikat di Norfolk, Virginia. Pada 11 April 1920, ia berganti nama menjadi USS Langley, sebagai penghormatan atas jasa Samuel Pierpont Langley -- astronom, fisikawan, pelopor aeronautika, dan insinyur pesawat terbang AS.
USS Langley mendapat nomor lambung CV-1. Ditugaskan untuk kali pertamanya di bawah komando Kenneth Whiting pada 24 Maret 1920.
Jangan bandingkan Langley dengan kapal induk AS yang ada saat ini -- yang besar, bobot lebih dari 100 ribu ton kuat, dan ditenagai nuklir.
Langley hanya memiliki berat 11.500 ton. Misinya saat itu adalah melakukan eksperimen -- bagaimana cara terbaik agar pesawat bisa lepas landas dan mendarat di sebuah bidang terbang terbatas dan yang terus bergerak.
"Langley adalah platform dari mana penerbang Angkatan Laut AS, yang dipandu oleh Kapten Joseph M Reeves, mengembangkan teknik operasi dan teknik yang esensial menentukan kemenangan dalam Perang Dunia II," demikian diungkap Pusat Sejarah Angkatan Laut AS, US Naval Historical Center, seperti kutip dari CNET, 17 Oktober 2013.
Langley memang tidak dibangun dari awal, tapi konversi dari sebuah kapal yang tugasnya sama sekali tak glamor -- mengangkut batu bara dan kargo: USS Jupiter.
Apa pun, Langley adalah sebuah inovasi. "Kapal AL pertama yang didorong oleh oleh motor listrik, merupakan prototipe rekayasa untuk sistem propulsi listrik yang digunakan dalam kapal AL lebih dari dua dekade berikutnya."
Ia juga menjadi kapal pertama yang melintasi Terusan Panama dari Barat ke Timur.
Pada awal 1937, Langley yang teknologinya sudah disalip kapal induk yang lebih besar dan cepat, beralih fungsi menjadi pengangkut pesawat amfibi.
Selain tenggelamnya kapal induk pertama milik AS, tanggal 27 Februari juga menjadi momentum sejumlah peristiwa penting dalam sejarah dunia.
Pada 1962, Presiden Vietnam Selatan berhasil lolos tanpa cedera apa pun dalam insiden pengeboman istana presiden di Saigon yang dilakukan 2 pesawat tempur.
Pada tahun 2010, gempa berkekuatan 8,8 SR mengguncang Chile, menewaskan lebih dari 500 orang, dan melukai ribuan lainnya. Lindu memicu tsunami yang pantulan gelombangnya menerjang Hawaii beberapa saat kemudian.
Sementara pada 27 Februari 2012, bagian dari apartemen berlantai 9 di Kota Astrakhan, Rusia runtuh akibat ledakan gas alam. Sepuluh orang tewas, 12 lainnya terluka.
27-2-1942: Kapal Induk Pertama AS Tenggelam di Cilacap
Hari ini, 73 tahun yang lalu, menjadi saat-saat terakhir bagi USS Langley (CV No. 1), kapal induk pertama milik Amerika Serikat. Dalam sebuah peristiwa tragis di tengah pertempuran sengit di Laut Jawa.
Kala itu, USS Langley ditugaskan mengirim 32 pesawat P-40 Warhawks, para pilot, kru, dan perlengkapan lainnya ke Tjilatjap atau Cilacap-- sebuah kota kecil di selatan Pulau Jawa yang memiliki arti penting pada masa awal invasi Jepang ke Hindia Belanda.
"Tjilatjap (Cilacap) digunakan sebagai lokasi evakuasi personel tentara Sekutu dan warga negara Belanda," demikian kutip dari situs
Kala itu, USS Langley ditugaskan mengirim 32 pesawat P-40 Warhawks, para pilot, kru, dan perlengkapan lainnya ke Tjilatjap atau Cilacap-- sebuah kota kecil di selatan Pulau Jawa yang memiliki arti penting pada masa awal invasi Jepang ke Hindia Belanda.
"Tjilatjap (Cilacap) digunakan sebagai lokasi evakuasi personel tentara Sekutu dan warga negara Belanda," demikian kutip dari situs
Warga Belanda dari segala penjuru berdatangan, berusaha lari dari Hindia Belanda menuju Australia dan kemudian pulang ke Tanah Airnya. Cilacap saat itu juga satu-satunya pelabuhan di Jawa di mana kapal bisa mengirimkan kargo dalam kondisi relatif aman.
(Foto: Suasana pelabuhan Cilacap di masa awal invasi Jepang
Add caption |
Saat itu, pihak sekutu yang terdesak membutuhkan pesawat-pesawat terbang tersebut untuk membantu mempertahankan Jawa dari Jepang. Maka, USS Langley diberangkatkan dari Pelabuhan Fremantle, Australia, 22 Februari 1942. Butuh waktu 5 hari baginya untuk tiba di pelabuhan kecil di dekat Pulau Nusakambangan itu.
Namun, kapal itu tak sempat berlabuh. Pagi jelang siang, 27 Februari 1942 pukul 11.40, Langley yang berada di 121 km selatan Cilacap, Jawa Tengah jadi target serangan 9 pesawat bomber bermesin ganda milik Jepang, Aichi D3A.
Add caption |
Serangan pertama gagal, yang kedua meleset. Dielak oleh manuver nakhoda USS Langley, Cdr. Robert P. McConnell. Pada serangan ketiga, Langley tak berdaya. Lima ledakan sekaligus menghantamnya. Tak cuma itu, 16 kru yang ada di dalamnya tewas.
Bagian atas Langley terbakar hebat, kemudi rusak, ruang mesin dibanjiri air laut. Ia tak lagi mampu bergerak dan terjebak dalam posisi miring. Pukul 13.32 perintah untuk meninggalkan kapal disahkan.
Kapal yang mengiringinya, USS Whipple, lantas menembakkan 9 peluru kaliber 4 inchi dan 2 torpedo ke arahnya -- untuk memastikan Langley tak jatuh ke tangan musuh. Ia lalu tenggelam.
Nasib nahas Langley diikuti 2 kapal lainnya. Awak kapal USS Langley yang dipindah ke USS Pecos hilang saat kapal itu tenggelam di rute menuju Australia. Sementara, 31 dari 33 pilot yang ditugaskan ke Pursuit Squadron Ke-13 hilang bersama USS Endsall saat kapal itu karam -- tatkala menjawab panggilan darurat dari Pecos.
Sehari kemudian, USS Sea Witch berhasil berlabuh dengan selamat ke Pelabuhan Cilacap dan kembali ke Australia tanpa terdeteksi Jepang. Kargo pesawat yang diangkutnya segera dikirim ke Bandoeng (Bandung) untuk dirakit secara tergesa-gesa oleh teknisi tentara yang tersisa.
Pada tanggal 8 Maret 1942, Cilacap diduduki oleh Jepang. Dan hari berikutnya giliran seluruh Jawa.
Subscribe to:
Posts (Atom)